Beberapa waktu lalu di suatu hari yang cerah dan indah, pada saat membaca cerita di Forum SFTH Kaskus. Si tokoh pacaran beda agama, mereka stuck dalam permasalahan itu. Hingga salah satu tokoh berbicara “Kenapa Agama malah membuat saling membeda-bedakan? Bukannya semua manusia dimata Tuhan itu sama?”. Dalam cerita yang lain pula, kedua tokoh saling mencintai, namun mereka berdua sadar akan perbedaan itu. Tokoh laki-laki pernah menyatakan cintanya kepada tokoh perempuan yang ternyata sedang mendengarkan musik memakai headset di kupingnya. Hingga pada episode berikutnya, ternyata tokoh perempuan itu mendengarkan pernyataan cinta tokoh laki-laki. Namun, tokoh perempuan itu berharap kalau tokoh laki-laki menyatakannya sekali lagi. Namun sayang, itu tidak pernah terjadi sampai keduanya berpisah.

Dalam tulisan kali ini bukan menceritakan tentang cerita seperti di atas. Tulisan ini ada karena sebuah pertanyaan yang mungkin hampir semua orang pasti pernah memikirkannya. Berangkat dari pertanyaan “Kenapa sih ada banyak agama?”. Karena pertanyaan itu lah, tulisan ini aku buat. Sebuah tulisan opini jelek dari ku. Bebas untuk membantah ataupun mengkritik tulisan ini.

Dalam agama yang ada di KTP saya (karena aku bukan penganut yang baik), sebelum manusia mengenal Tuhan, manusia menyembah apa saja yang mereka ingin sembah. Patung, batu, matahari, pohon dan lainnya. Lalu datanglah manusia utusan Tuhan untuk membantah, menyadarkan atau apalah itu maksudnya agar manusia-manusia tadi tidak menyembah yang aku sebutkan tadi. Manusia itu menghancurkan berhala-berhala yang disembah. Manusia yang istimewa itu akhirnya dibakar oleh penduduk sekitar. Melihat manusia istimewa itu tidak merasakan kesakitan ketika dibakar membuat penduduk terheran-heran. Setelah itu, silahkan baca di Al-Qur'an atau cari ceritanya sendiri di google karena tulisan ini tidak menceritakan kisah nabi. Kembali ke pertanyaan tadi, kenapa agama ada banyak? Jawaban yang pertama aku punya adalah manusia ada banyak, berbeda-beda pikiran. Anggaplah agama adalah ideologi dalam dunia politik. Ada partai politik yang menganut ideologi Marxisme, Komunisme, Sosialisme, Islamisme, Anarkisme, Liberalisme, Fasisme, Marxisme-Leninisme, Nasionalisme dan lainnya. Ideologi-ideologi tersebut muncul karena pemikiran tokoh yang dianggap sebagai "nabi" oleh penganut ideologi tersebut. Satu ideologi mempunyai banyak tokoh/pemikir yang ikut menyebarkan ajaran ideologi tersebut. Sebagai contoh adalah rahim dari Komunisme adalah Marxisme. Berangkat dari Marxisme, Karl Marx dan Friedrich Engels membuat Manifesto Komunis. Lenin dengan pemikirannya sehingga ada Marxisme-Leninisme. Mao Zedong dengan Maoismenya yang mengambil dari ide Marxisme dan membuat versi petani sesuai kondisi negaranya. Ok cukup berhenti disitu.
Jawaban yang kedua adalah turunnya kitab-kitab penyempurna dalam Agama Islam. Aku berpikir bahwa ada manusia yang menolak akan turunnya kitab penyempurna dari kitab sebelumnya. Orang Yahudi yang bertahan dengan Kitab Tauratnya, orang yang bertahan dengan Kitab Injil dan menolak Al-Qur'an.

Karena kedua jawaban yang aku dapat itulah mungkin alasan yang paling berdasar mengapa ada banyak agama di dunia ini.

***